SMS Gateway

KEUNTUNGAN SMS GATEWAY

SMS Gateway merupakan pintu gerbang bagi penyebaran Informasi dengan menggunakan SMS. Anda dapat menyebarkan pesan ke ratusan nomor secara otomatis dan cepat yang langsung terhubung dengan database nomor-nomor ponsel saja tanpa harus mengetik ratusan nomor dan pesan di ponsel anda karena semua nomor akan diambil secara otomatis dari database tersebut. Selain itu , dengan adanya SMS Gateway anda dapat mengustomisasi pesan-pesan yang ingin dikirim. Dengan menggunakan program tambahan yang dapat dibuat sendiri, pengirim pesan dapat lebih fleksibel dalam mengirim berita karena biasanya pesan yang ingin dikirim berbeda-beda untuk masing-masing penerimanya.

KEBUTUHAN SMS GATEWAY

Kebutuhan Hard ware

Untuk kebutuhan SMS Gateway tidak terlalu belebihan dan juga fleksibel karena bias dibuat dengan 1. PC maupun Notebook. Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer, 2. sebuah ponsel dengan 3. kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan piranti lunak sebagai SMS Gateway. Untuk menggunakan InfraRed anda membutuhkan sebuah ponsel yang juga memiliki fasilitas tsb, tapi tidak dianjurkan untuk kebutuhan SMS gateway karena komunikasi dengan InfraRed tidak terlalu baik (jika tergeser gampang putus).

Kebutuhan Software

Disini penulis 1.Menggunakan Linux sebagai Operating System, dimana linux merupakan system operasi terbuka yang popularitasnya semakin semakin menanjak untuk berbagai keperluan komputerisasi baik itu pengolahan database, internetworking atau keperluan lainnya system Linux diakui sangat handal, adapun Distro nya adalah Redhat Ver. 7.2. 2.MySQL Ver. 3.23.52 Max sebagai Database Server dan 3.GNOKII sebagai SMS Gateway.

SMS GATEWAY MENGGUNAKAN GNOKII

Proyek Gnokii ditujukan untuk pengembangan tools dan driver untuk MobileDevice Nokia yang menggunakan system Linux, FreeBSD dan *Nix Lainnya. Dengan gnokii kita bisa mengirim/menerima SMS, membuat panggilan, atau sekedar mengakses phonebook, dengan kata lain kita bisa menggunakan fasilitas-fasilitas yang dimiliki telepon seluler merek Nokia atau selular yang support AT langsung dari komputer, tapi tidak semua produk Nokia yang di support oleh gnokii.

Disini penulis menggunakan Seluler Nokia seri 8250 dengan kabel port serial, dengan Gnokii versi terakhir 0.4.2b (sampai saat artikel ini ditulis).

Langkah membangun SMS GateWay

1. Pertama kali kita perlu mendownload gnokii ( http://www.gnokii.org/ ) dari situsnya. Namun bila Anda ingin menggunakan Nokia seri 6210 atau 7110, Anda perlu mengambil gnokii versi CVS (belum sepenuhnya jadi). Untuk Anda yang ingin menggunakan Nokia seri 6110 atau dibawahnya bisa langsung mengambil dari situs FTP dan tersedia dalam bentuk binari. 2. Contoh jika anda mendownload versi .rpm file, anda dapat menginstall menggunakan root seperti ini:

  1. rpm –I gnokii-04.2b-i386.rpm

Khusus yang dibahas disini adalah gnokii versi CVS. Pertama kali kita perlu ketikkan perintah berikut :

  1. export CVSROOT=:pserver: anoncvs@subversions.gnu.org :/cvsroot/gnokii

lalu lanjutkan dengan:

  1. cvs login

bila ditanya password, isi dengan blank atau tekan enter lalu lanjutkan lagi dengan mengetik:

  1. cvs co gnokii

Tunggu sebentar, sesaat kemudian akan tersedia direktori gnokii. Masuk kedalam direktori tersebut:

  1. cd gnokii

Lalu ketikkan perintah berikut untuk mulai melakukan kompilasi:

  1. autoconf
  2. autoheader
  3. ./configure

anda dapat dapat mengkonfigure dengan beberapa option sesuai dengan selera anda, dapat dilihat dengan perintah ./configure –help

  1. make

setelah itu tambahkan sebuah group bernama “gnokii” . dapat dibuat dengan perintah user root

  1. groupadd gnokii

lalu install file binari kedalam system dengan perintah diberikut:

  1. make install
  1. make install-suid
  2. make install-strip
  3. make install-ss

Apabila anda ingin menginstall Dokumentasinya juga, anda dapat menguunakan perintah :

  1. make install-docs

Setelah itu hapus semua proses compile yang sudah dilakukan, dengan

  1. make clean
  2. make distclean

Bila tidak ada kesalahan maka proses kompilasi selesai dengan baik. Salin file Docs/sample/gnokiirc. (ada tanda titik didepan): Setelah itu kita edit file tersebut. Didalam file ini ada setting berikut: // Untuk yang menggunakan InfraRed [global] port = /dev/irccomm0 model = 6210 initlenght = default connection = irda bindir = /usr/local/sbin/ // Untuk yang menggunakan Kabel (port) [global] port = model = 6210 initlenght = default connection = bindir = /usr/local/sbin/ Silahkan ganti konfigurasi diatas dengan angka sesuai dengan model telepon Anda (pada baris ketiga) setelah selesai lalu simpan. Kita siapkan telepon selular kita, apabila anda menggunakan setting dgn Infra Merah maka anda dapat nyalakan fasilitas inframerah pada menu lalu tekan angka 9. Setelah aktif, arahkan pada mata inframerah komputer, dan ketikkan: $ gnokii – identify bila semuanya lancar, maka akan muncul IMEI: 449333200459543 Manufacturer : (unknow) Model: NPE-3 Revision: 03.01 Tentunya output diatas akan berbeda dengan milik Anda. Selanjutnya silahkan lanjutkan explorasi terhadap telepon seluler Anda.

SMSD (SMS Daemon):

SMSD (SMS daemon) adalah modul program untuk menerima dan mengirim SMS yang bekerja dengan menggunakan SQL server untuk penampungan semua inbox dan outbox yang ada di seluler anda. Sampai dengan versi ini baru mensupport dengan 2 modul database yaitu MySQL & PostgreSQL. Anda dapat melihat di directory gnokii/smsd terdapat file ‘sms.tables.mysql’ yang adalah structure table yang digunakan, anda tinggal memasukkannya di MySQL database anda. Setting sms daemon: 1. Create database sms

  1. mysqladmin –u root –p create sms

2. Create table-table gnokii dari file ‘sms.tables.mysql’

  1. mysql –u root –p gnokii

SMSD tidak ikut terkompile pada saat anda meng-kompile gnokii menggunakan perintah ‘make’, jadi anda harus mengkompile secara tersendiri di directory SMSD. 3. Cara mengkompilenya (Dalam directory Gnokii) :

  1. autoconf
  2. ./configure
  3. cd smsd
  4. vi Makefile (rubah database yang ada di area “DB module”)
  5. make
  6. make libmysql.so
  7. make install

4. Setelah semua berhasil anda dapat mencoba menjalankannya, ada beberapa option yang harus anda perhatikan : -u, –Name User Database -p, –password User Database -d, –Nama Database yang digunakan -c, –Nama Host dari Database Server -r, –reports

   5.   Secara default smsd tidak mengirim/menerima delivery report, anda harus menambahkan option ini saat menjalankan smsd

-m, –Database yang digunakan

      6. Menentukan Database yang digunakan, ‘pg’ untuk PostgreSQL dan ‘mysql’ untuk MySQL.

-l, –libdir path_to_db_module

      Spesifikasikan directory dari DB Module yang digunakan defaultnya di ‘libdir’.

-h, –help

       Menampilkan help.

Contoh :

  1. smsd –u sms –p –d sms –c localhost

Kalau tidak ada error berarti anda sudah berhasil dan bisa mencoba explorasi sendiri dengan menggunakan database yang ada. Anda bisa membuat applikasi sesuai dengan kebutuhan anda dengan menggunakan database MySQL.

Advertisements

About Aulia Rahman

Melatih kepribadian diri dengan menulis, karena dengan menulis bisa mengajarkan kita cara bersikap, berbicara, dan bersilaturahim.
This entry was posted in Pemrograman. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s