Blogwalking and Social Network (Backpaker Di Dunia Maya)

Go Blog

Go Blog

Masuk kedunia kerja membawa perubahan drastis pada diri saya, mulai dari cara berkomunikasi, gaya bahasa, cara bersosialisasi, dan tentunya cara membagi waktu. Karena sewaktu duduk dibangku SMA dan bangku kuliah saya merupakan orang yang pendiam yang jarang melakukan komunikasi dengan siapapun, hanya beberapa teman dekat saja (mungkin masih pilah pilih dengan teman-teman yang sejalur/cocok dengan saya).

Tapi setelah merasakan kursi panas pada sebuah perusahaan memberikan saya aura baru yang menunjukkan kepada saya kalau jiwa sosial itu memang harus ada pada setiap insan, karena pada prinsipnya manusia adalah makhluk sosial, bukanlah makhluk yang dapat hidup sendiri. Memang sih menjalin hubungan kepada setiap insan bukan hal mudah karena harus mengkombinasikan seluruh pikiran, cara, situasi, jabatan dan tingkat derajat yang berbeda-beda baik itu seorang yang sudah terkenal sekalipun.

Namun saya mempunyai cara sendiri untuk membangun jiwa sosial saya secara perlahan-lahan, pelan tapi pasti dan terpusat dengan tujuan menjadi manusia sosial.

Pengalaman migrasi dari suatu daerah satu ke daerah lain mengejarkan kepada saya secara tidak langsung tentang pribadi setiap orang yang ada di daerah-daerah yang pernah saya singgahi.. Tujuh Belas Tahun di MEDAN (Sumatera Utara) yang terkenal dengan vokal yang tinggi, Tiga Tahun Lebih di BANDUNG (Jawa Barat) yang terkenal dengan vokal yang halus dan lembut, Empat Puluh Hari di DUMAI (RIAU) yang masih mengandung unsur melayu yang halus, SIGLI (Aceh Pidie) yang vokalnya hampir sama dengan medan.

Keempat daerah ini mengajarkan saya bagaimana cara berkomunikasi dengan dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru saya singgahi.

Mulai dari suara vokal yang keras, vokal yang lembut, ciri khas bertetangga, kehidupan gotong royong, sifat kepedulian antar tetangg, hingga cara mereka menjamu pendatang seperti saya. Semua nya terekam dalam ingatan saya yang akan saya gunakan sebagai bahan pelajaran dan pegangan saya dalam bermigrasi selanjutnya. Kenapa saya bilang migrasi selanjutnya ??

Sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan BUMN yang statusnya masih TRANSFERABLE (tidak tetap atau bisa dimutasikan kapan saja) tentu harus siap menerima SK (surat keputusan) dimana saya akan ditempatkan selanjutnya. Dengan kondisi seperti ini tentunya saya harus melatih diri saya sendiri menjadi manusia sosial.

 

Saya punya konsep seperti ini :

Jangan Tunggu Orang Mengulurkan Tangan Untuk Bersalaman Kepadamu, Tapi Kita Yang Mengulurkan Tangan Terlebih Dulu Maka Orang Akan Mengulurkan Tangan Kepadamu.

 

Itu sekilas tentang dari dunia nyata, dalam dunia perblogan juga ada istilah bersosialisasinya yaitu Β namanya BLOGWALKING (menurut saya sih hehe), dimana seorang BLOGGER berkunjung dari satu blog ke blog lain secara sengaja (beda lo dengan searching google yang kemudian dihadapkan dengan sebuah blog, ni versi saya ya :D). Tujuan sendiri dari BLOGWALKING adalah menyambung tali silaturahim antar BLOGGER yang kemudian saling memberikan respon positif kepada setiap blog yang disinggahi oleh BLOGGER tersebut dalam sebuah komentar yang membangun.

Efek yang didapat dari BLOGWALKING ini sendiri yang saya rasa salah salah satunya, munculnya sebuah kata-kata dan kalimat-kalimat penyemangat dari setiap komentar yang diberikan juga dari postingan yang di tulis oleh BLOGGER yang disinggahin blog nya. Karena semua postingan yang di tulis oleh BLOGGER mengandung unsur penulisan, penyampaian dan penghayatan yang berbeda yang tentunya sangat memberikan efek dan aura postif bagi pembacanya sehingga memberikan masukan dan ilmu tambahan dalam cara penulisan sebuah blog ^_^.

Saya sendiri sangat menyenangi BLOGWALKING karena saya memang menikmati setiap tulisan yang di posting oleh para senior-senior yang sudah lama berkecimpung di dunia BLOGGER dan hasilnya pelan-pelan` saya mulai mengerti dan memahami cara penulisan dan penyampaian sebuah posting meskipun masih amburadul hehe.

Dari BLOGWALKING ini perlahan-lahan saya mempunyai banyak kenalan di dunia maya ini, banyak pelajaran yang bisa saya ambil, sangat banyak sekali respon positif yang diberikan para BLOGGER pada setiap tulisan saya dan banyak juga yang menjadi masukan untuk saya.

Social network bukan hanya di dunia REAL, di dunia internet juga kita harus bisa menjalin silaturahim dengan cara BLOGWALKING dengan berkunjung dari satu blog ke blog lain, dan memberikan respon positif dari setiap postingan yang diposting BLOOGER tersebut.

 

Saya juga punya konsep seperti ini :

Jangan Tunggu Blooger Lain Merespon Postinganmu, Tapi Responlah Postingan Blooger Lain Maka Postinganmu Akan Direspon

 

Jalin Silaturahim dengan BLOGWALKING, berikan respon berbobot dari pada respon numpang lewat hehe..

Salam Persohiblogan Β ^_^

Advertisements

About Aulia Rahman

Melatih kepribadian diri dengan menulis, karena dengan menulis bisa mengajarkan kita cara bersikap, berbicara, dan bersilaturahim.
This entry was posted in backpaker, blogwalking and tagged , , . Bookmark the permalink.

73 Responses to Blogwalking and Social Network (Backpaker Di Dunia Maya)

  1. dhe says:

    ya, lakukanlah hal yang baik, maka kau pun akan mendapatkan hal yang baik juga..
    intinya seperti itu kan om??

    *komen pertama euy

  2. widhy88 says:

    Makin mantap aje nih bang auraman sekarang hehe…

  3. lozz akbar says:

    wah kurang satu nih..belum ngerasain suasana Jember kayaknya.. nah itu dia yang sudah saya bilang kemarin KEKUATAN BLOGWALKING.. andai blog lain enggak berkunjung balik, kita engga rugi kok.. kan kita dah dapat sesuatu dari tulisan mereka.. intinya ikhlas aja dalam BW, biar kalau misal orang enggak berkunjung balik, kita juga enggak merasa kecewa.

  4. genial says:

    paling gag sii… kendala yg biasa di hadapain waktu BW.. iia koneksi yg lemod iia kang iia… byuhhhh…

  5. fachriza says:

    /’.,;”/.,;/’]][pp;]]’;;’
    [//’;”

    //’;;”’]=][]][‘///”

  6. qefy says:

    Menarik al, semangat Nge-Blog harus di iringi oleh semangat berkawan, salah satunya adalah BlogWalking. Bentar, “Jangan Tunggu Orang Mengulurkan Tangan Untuk Bersalaman Kepadamu, Tapi Kita Yang Mengulurkan Tangan Terlebih Dulu Maka Orang Akang Mengulurkan Tangan Kepadamu.”. Bukan Akang tapi Akan kan? πŸ˜€

    Semangatmu patut dicontoh Anak Muda

  7. tengku says:

    selamat pagi…!
    pagi yang cerah untuk berkunjung ketempat sahabat.
    Semoga hari ini lebih menyenangkan dari hari kemarin…

  8. Irma says:

    Sebagai mahluk sosial, sudah seharusnya kita bersosialisasi.. Keren euy blog nya.hehehe

  9. Penghuni 60 says:

    blogwalking disini, mau ikutan berlayar ah…
    πŸ˜€
    pengalamanmu dah byk ya sob, gak kyk saya, msh seputar daerah sendiri aja…
    slm knl ya

  10. Dan terbukti, blognya makin ramai
    makin banyak orang yg bersilaturahim
    Ya moga aja dipindah tugaskan ke Bogor atau Cibinong πŸ™‚

  11. Daun says:

    jika suatu pekerjaan sesuai dengan suasana hati maka akan enak menjalankannya sob,maka dari itu bikinlah suasananya senyaman mungkin ok.

    Salam

  12. TuSuda says:

    Manfaat BW bisa menambah wawasan ngeblog dan persohiblogan, baik di dunia maya, maupun di dunia nyata, misalnya, lewat janjian, kontak telpon, ketemuan, kopdar.
    SALAM hangat dari Kendari….. 8)

  13. TuSuda says:

    BTW…melalui BW bisa juga saling berbagi dan bertukar pengalaman.
    Salam…

  14. Fadhli says:

    saya suka konsep2x nya…………..hidup blogger…..

  15. situsonline says:

    kira kira pengalaman apa yg di dapat dari medan bro…?tadi saya baca dari atas kl org sumut terkenal dengan vokalnya yg tinggi…?dalam nyanyi atau apa neh..?heheheh
    Salam dari Medan

  16. zuLHam says:

    ini tangan saya mas,,, jabat erat! πŸ™‚

  17. tian says:

    salam kenal sob, ^^

  18. zico says:

    I love blogwalking and also reading then put the comment.. πŸ™‚
    memang dalam dunia perblogan, silaturahmi adalah suatu keharusan. kecuali blogger itu hanya menjadikan blog’nya sendiri sebagai diary yang tak ingin di publikasikan.. tetep semangat posting, bravo..
    btw, tetep semangat juga kerjanya, kang Aul…. πŸ˜€

    salam persahablogan πŸ™‚

  19. sibutiz says:

    lamz knal dulu ya ka..
    makasih.

  20. Riksa89 says:

    Maaf baru mampir. Kendala jaringan…. hehehe….

    Subhanallah pengalamannya… Aku iri, dari kecil sampe sekarang hidup di Jawa Barat terus. Hahahahaha…..
    Suka, dengan konsep akang. Terimakasih ilmunya. Akan aku terapkan…. ^_^

    Jadi lebih semangat untuk blogwalking terus nih. hehehe…. πŸ˜€
    Semangat!!!!

  21. met siang dik πŸ™‚

  22. Teras Info says:

    Blogwalking itu emang banyak sekali manfaatnya…..
    saya juga bisa merasakan dari blogwalking ini….mwantabss bwenerrr….he..he…

  23. mood says:

    Mari berjabatan tangan πŸ˜€
    Dunia blogger memang indah Sob.. .

  24. Baik di dunia nyata maupun dunia maya kita harus membiasakan untuk bersosial ya… πŸ™‚

  25. Lathifah says:

    Mantap!!!
    Salam bloofers……..
    dan salam Kenal………..

  26. Pulang main futsal, bikin postingan narsis
    blokwaking ke sini πŸ˜€

  27. blognya mantap ,, pengunjungnya banyak,,,salam blogger ya q dari kal-teng

    http://yoyon12.wordpress.com

  28. Nina says:

    justru itu serunya..klo penempatannya belum jelas dan dipindah2 bisa dapat cerita beragam dari setiap daerah..apalagi klo suka foto..:D

  29. insyirahdaud says:

    Luar biasa. ramai euy πŸ˜€

  30. insyirahdaud says:

    Luar biasa. ramai euy πŸ˜€
    sip..sip…. syukron infonya kang

  31. tengku says:

    met malam, jalan2 ketempat sahabat, semoga sukses selalu…

  32. Prima says:

    quotes yang bagus mas… suka sekali, ternyata mas ini keliatannya aja fotonya awet muda, tapi pengalamnnya sudah kemana-mana, mantap!

  33. Oh ya, jika berkenan silakan mampir lagi. Ada yg anget banget di blogku πŸ™‚

  34. nitnot says:

    setuju…salah satu point ngeblog adalah terjalinnya persahabatan dalam sebuah dunia yg berbeda….

  35. edratna says:

    Thanks telah berkunjung ke blog ku…
    Blogwalking atau Bw, memerlukan waktu, kadang blogger juga masih harus bekerja.
    Kadang kita dihadapkan pada pilihan:
    Prioritas menulis atau blogwalking?

    Jika saya anggap menulis lebih bisa bermanfaat, maka memposting tulisan lebih diprioritaskan dibanding dengan BW. Saya menghormati blogger senior, seperti mas Iman Brotoseno, ndorokakung, paman Tiyo (blogombal.org)…saya tahu mereka kadang-kadang datang ke blog saya, tapi tak meninggalkan jejak.
    Jadi jika menulis, tak bisa mengharapkan orang yang dikunjungi membalas kunjungan balik ke blog yang datang dengan meninggalkan komentar, karena saya hanya komentar pada tulisan yang memang saya kompeten untuk menanggapinya.

    Maaf jadi panjang lebar, tak sesuai dengan artikelnya.

  36. Astra satria says:

    Blogwalking perlu diingat : sangat melelahkan, namun hasilnya sangat bermanfaat, tinggal bagaimana kita mengatur waktunya saja, tetapi dari yang saya pelajari dan saya simpulkan mas auruman, lakukan BW setelah Anda membuat artikel baru karena kalau kita bisa menulis suatu artikel berarti kita ada waktu untuk BW, selain menambah persaudaraan sesama blogger, kita juga mempromosikan postingan baru kita, secara normalnya yang kita kunjungi akan mengunjungi balik kita, apabila tidak jangan kecewa, ingat Anda sudah bersosialisasi ke beberapa daerah, tentu bermacam-macam sifat yang Anda hadapi dan itu juga berlaku di dunia blog, pertahankan apa yang selama ini mas auraman lakukan, maka manfaatnya akan otomatis mengikuti. buktikan ! keep your spirit

  37. pink says:

    Kedua konsepnya bener banget tuh…
    Saya dulu orang yang jarang banget blogwalking karena malas. Tapi setelah saya iseng-iseng komen di blog blogger laen dan dia membalas komen saya, saya jadi lebih merasa semangat untuk ngeblog. Setiap komentar yang saya dapat di postingan, walaupun isinya cuma sebaris, itu membuat saya jadi lebih semangat dan termotivasi untuk ngeblog.

    BTW, thanks lho udah mampir ke blogku.
    Salam kenal nih…
    Tulisannya bagus, jauh dari kata amburadul. Malah saya yang udah 4 taon ngeblog masih amburadul, kalah sama blog ini. Hhe…
    Keep blogging.

  38. An says:

    entah kenapa artikel di atas seperti membangunkan ingatan saya mengenai motivasi awal blogging.
    saya punya analogi blog sebagai rumah. biar orang lain tau rumah kita, kita berkunjung ke rumah mereka.
    sayangnya aktifitas blogwalking saya menurun drastis beberapa bulan kebelakang .
    anyway, salam persahabatan… πŸ™‚

  39. yusuf says:

    Yang jelas, jika ingin oranglain menghargai kita maka hargailah orang lain.

    Betul Nggak Kang?

  40. lintasberita says:

    Selamat Malam ! wah penganut blogwalking semua ini, ikutan ah !

  41. nitnot says:

    setelah di sigli bakal kemana lagi ya…eng..ing…engg….wkwkk…

  42. todi says:

    saya suka konsepnya kang aul:D

  43. Nick says:

    wakakakaa…gag nyangka mas aul ternyata sedewasa ini…hmmm lebih dewasa dari usianya saya kira,,,^^
    selamat mas aul…anda telah belajar sepanjang hidup..dan memnjadi pembelajar yg tak pernah letih mempelajari pelajaran kehidupan….[waaakkk..jd muter2 akuu..hahaa]….
    sama kaya mas Todi..saia suka konsepnyaaa…^_=

  44. Riksa says:

    Kang Aullllllllllllllllllllll…………… Akhirnya aku mengunjungi mu. hahahahahaha…….
    Seperti biasa, tulisannya sangat bersemangat sekali…. πŸ˜€

    Hidup kerja, Hidup Bloofers!!! πŸ˜€

  45. Mama Rani says:

    Blogwalking, baca postingan kemudian mengomentarinya. Setujpruuut! Saya malah tidak begitu suka dengan adanya shoutmix dan page guest book di sebuah blog. Menurut saya, orang2 yang meninggalkan komentar di guest book dan shoutmix itu kayaknya cuma numpang lewat aja kali ya? Gak baca barang satuuuuu aja postingan si empunya blog πŸ˜€

    Lain ceritanya kalo udah ninggalin komen di satu postingan terus komen juga di guest book..yah, sekedar sapaan santai misalnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s