Perjuanganku Mencari Pekerjaan

Lembur membuat saya teringat akan perjalan saya dalam mencari pekerjaan di berbagai kota,mulai dari kampus, perusahaan IT, developer di Jakarta, Bandung. Ingin membagi sedikit kisah perjuangan saya dalam mencari dana buat bertahan hidup menadi seorang lelaki yang mandiri. “Semoga kisah ini bermanfaat ya”.
Setelah semester 6 (diploma) dijalanin dan terlewati tiba saatnya memfokuskan diri pada tahap selanjutnya mau menyambung kuliah apa memulai kehidupan sebagai seorang pemuda yang mandiri yang tidak ingin merepotkan orang tuanya lagi.
Hingga suatu hari terjadi perbincangan via phone antara saya dengan ibu saya lalu terketuk hati dan pikiran saat ibuku berkata β€œKalau gak dapat pekerjaan pulang kampung ya. haha” Mungkin bagi saya ibu dan saya memang suka bercanda, tapi saya meminta kesempatan kepada ibu untuk diberi kesempatan enam bulan lagi buat mencari pekerjaan.




Dan saat itulah semua perjalanan dimulai, bermodalkan modem dan si putih (laptop) saya berusaha ikut dan mencoba memasukkan berbagai lamaran yang membuka lowongan pekerjaan secara online, buka email tiap hari yang sudah didaftarkan ke situs lamaran kerja. Semua itu berlangsung beberapa minggu tidur pun sudah mulai tak terjadwal, bangun pun juga berharap ada email atau ada suara dering hape yang asalnya dari perusahaan yang saya lamar.
Mondar mandir sana sini singgah dari satu kota ke kota lain, menghampiri berbagai terminal untuk menaiki bus Damri yang akan mengantarkan saya ke tempat perusahaan yang memberikan saya kesempatan untuk melakukan wawancara, tak ketinggalan kereta api juga pernah mengantarkan saya dari Bandung ke Jakarta untuk melakukan tes wawancara di sebuah perusahaan minyak yang pada saat itu uang juga pas-pasan, makanya memilih naik kereta api πŸ˜€ soalnya lumayan murah gak sampai lima puluh ribu rupiah ongkosnya, lumayan pulang pergi hanya seratus ribu rupiah (uangnya minjem/ngutang lagi).
Stasiun dan terminal seolah menjadi tempat peristirahatan sementara saat terik matahari menyinari diri saat perjalanan itu. Sebotol air mineral memberikan kesegaran dan semangat harapan dalam perjalanan kembali setalah selesai melakukan wawancara.
Sepatu yang sudah usam dan yang alas sepatunya sudah patah menjadi teman setia dalam mengunjungi perusahaan-perusahaan yang memberikan saya kesempatan untuk melakukan wawancara. Berat rasanya meminta uang kepada orang tua untuk membeli sepatu baru, mending uangnya digunakan buat keperluan adik-adik yang masih bersekolah. Tak peduli Meski kaki ini lecet dan panas bahkan malu saat bertemu dengan orang yang wawancara juga saat itu tidak mengurungi semangat bersaing dalam melakukan wawancara.
Tapi Lelah pun berubah menjadi keceriaan dan haru kebahagiaan saat saya mendengar nama saya dipanggil oleh Pudir Kampus saat acara Gladi Kotor Wisuda. Beliau meyampaikan pengumuman penting mengenai nama-nama yang lulus dan diterima oleh perusahaan BUMN tersebut. Kaget dan gugup saat nama “Aulia Rahman” dipanggil dan maju kedepan podium.
Berita ini tak saya kabarkan kepada orang tua saya, karena saya ingin memberikan hadiah kepada beliau hingga akhirnya saat wisuda Ibu menangis di bahu saya saat acara wisuda berakhir..
“Kenangan terinda yang terbayar dengan tangisan air mata kebahagiaan seorang ibu..”
Salam Persohiblogan, semoga bermanfaat ^_^

Advertisements

About Aulia Rahman

Melatih kepribadian diri dengan menulis, karena dengan menulis bisa mengajarkan kita cara bersikap, berbicara, dan bersilaturahim.
This entry was posted in Motivasi, Pengalaman Hidup. Bookmark the permalink.

64 Responses to Perjuanganku Mencari Pekerjaan

  1. Gaphe says:

    luar biasa ya Aul.. memang sih, baca ini jadi inget juga masa-masa dulu saya nyari kerjaan.. 4 bulan pulang pergi jakarta – jogja.. sempet ke bandung dan jawa timur, asal ada panggilan dijabanin.. tapi begitu dapet, orang tua ngedukung.. kebahagiaan buat saya terasa lengkap.

  2. Seru bang, karena saya merasa hambar ya :(kehidupan yang datar, moga selalu dapat semangat….

  3. air mata memang cara trmudah bagi seorang wanita untuk mengungkapkan apa yang dirasa…suka sama tulisannya mas πŸ™‚

  4. NIT NOT says:

    mengharukan ya perjalanan mendapatkan pekerjaan itu ya….saya juga sudah merasakan keluar masuk perusahaan buat test..Allah maha pengasih bagi umat yang dikasihiNya….amiiin….

  5. farusganteng says:

    selamat pagi sobat…jangan menyerah dan teruslah berusaha, kalo ada niat pasti ada jalan menuju dunia kerja…salam

  6. Assalamualaikum WrWb.Kehidupan itu bagaikan lukisan yang di tuangkan dalam skenario telenovela.Aku tak bisa berkomentar banyak karena pahit manisnya hidup, senyum dan air mata, dendam dan cinta adalah gita yang menjadi peramu dalam meraih cita. Kamu tahu sobat?, keteguhan dan kesabaran, keyakinan dan harapan adalah nyawa dalam langkah hidup ini. selamat atas segala kesuksesan yang anda alami. Mungkin tak ada lagi sebotol air mineral yang menemani karena dia telah terganti dengan es lemon tea, atau segelas cappucino yang hangat, atau mungkin kini kau dapat meneguk secangkir kopi luwak yang sangat mahal itu meskipun aku tak sempat berpikir rasa apa gerangan yang di tawarkan dari kopi yang sangat mahal selain rasa kopi itu sendiri, bukan rasa teh apalagi rasa coklat. Kini harimu adalah luapan bahagia yang tak lagi di temani sepatu usang, semua telah tergantikan. Tapi sobat, apakah hatimu telah tergantikan? Tidak kan? jiwamu adalah doa ibu, hidupmu adalah citamu. Kerja dimana?. Blognya sudah bermetamorfosa. Ga seperti blog ane yang berat. banyak pernak-pernik. Tapi semua itu aku suka, karena aku norak dan baru di dunia perblokan. Suatu saat..aku akan merubahnya lebih ringan, lebih minimalis namun elegan kasi' saran ya..! gmana sebaiknya.he.he.. tak bisaa berkomentar banyak tapi buktinya…Ups.. sorry ya meninggalkan jejak yang begitu panjang….Wassalam

  7. arlek says:

    askum…salut dengan perjuangan ente sob…seperti pepatah mengatakan…barakit-rakit ke hulu berenang ke tepian….memang untuk mencapai segala sesuatu perlu perjuangan bahkan pengorbanan…mudh2an bisa menjadi inspirasi bagi sobat2 yg lain….sukses selalu…

  8. zahra_cha says:

    Subhanallah kang Al πŸ™‚ intina never give up ya kang πŸ˜‰

  9. Qefy says:

    Indah pada ahirnya.., menarik al luka-likunya..

  10. BLACKBOX says:

    wow…….bener2x memberikan semangat, terima kasih atas energi positifnya

  11. kezedot says:

    terus semangattttttttttttttt

  12. f4dLy :) says:

    kisah yang bisa memberi banyak pelajaran…aku juga teringat tuh waktu pertama kalinya cari kerja padahal saat itu aku masih tercatat sebagai mahasiswa semester 2, tapi akhirnya dapat juga.mampir yah di rumah persahabatanku http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

  13. Todi saja says:

    Assalamualaikum kang aul…maaf terlambat..duh, saya jadi ingat masa2 seperti kang aul..bahkan terkadang sampe sekarang saya masih bisa merasakan perjuangan itu…terimakasih dah di share kang πŸ™‚

  14. fjr1 says:

    perjuangan yag patut di contoh gan.ane belum dpt krjaan smpe skr.msh nnyari2.slm knl gan,nice share πŸ˜€

  15. sarah azahra says:

    Sabar ya ka,,anak IT ya?Aku seneng kalau lihat laki-laki semangat mencari uang, maju terus!!

  16. Lozz Akbar says:

    Salam hormat buat Bunda ya… oh jangan sampai dibuang tuh sepatu, karena nilai historisnya loh

  17. wah.. bener2 deh masa mencari pekerjaan memang masa2 yang paling teramat sangat sebegitu terlalu berkesan dan indah ketika setelah sukses kita mengenangnya kembali.. ^_^

  18. jadi inget kisahku yang dulu….. πŸ™‚ mari terus berjuang……

  19. i-one says:

    wah,jadi merinding…cerita yang inspirasional.tetap berusaha ya…kalau ada waktu kunjungi blogku ya..http://edyirawannasution.blogspot.com

  20. Ibnu says:

    jadi upah berkorban dan bersabar itu sungguh luar biasa ya,, selamat dan semangat buat anda

  21. situsonline says:

    Perjuangan yang sangat luar biasa yang tak pernah lelah,memang itulah hidup,kl gak kerja keras mungkin ga dpt2 yang namanya cita cita,Pernah saya mendengarkan kata seorang tukang becak " ga bakalan dapat duit kl ga capek bahkan sakit"Semoa pekerjaan yang baru anda dpt bs membawa kebahagian di dalam hidup dan keluarga,.!Sukses Selalu.!

  22. advertiyha says:

    Subhanallah,,, teduh dan terharu sekali membaca pengalaman ini mas.. :)pasti seneng banget ya bisa kasih hadiah terindah untuk ibunda.. :)doa dan restu ibu, adalah kekuatan dan kunci kesuksesan kita.. moga selalu sukses mas.. πŸ™‚

  23. masyhury says:

    Wah… asyik dung di terima di BUMN, POS ya? hemm…Teringat dengan kisah ku dulu mencari kerja sambil berjalan kaki ke seantro medan.. πŸ˜€

  24. Nurul Imam says:

    saya juga waktu berjuang cari kerja jadi sedih banget klo di inget2

  25. Sugeng says:

    Aku pernah menolak wawancara saat mencari pekerjaan dulu. Gimana gak ditolak mas, aku sudah merantau di Bali gak tahunya ada kabar aku dapat panggilan wawancara di Surabaya. Akhirnya dengan berat hati aku lepas panggilan itu dan meneruskan ngerantau di negeri orang sampai sekarang πŸ˜€Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  26. auraman says:

    @AQSA -> Gak papa mas, makin panjang makin berat maknanya :D@SARAH AZAHRA -> Iya anak TI, tapi sekrg malah di bagian yang terlalu jauh dari IT hehe@Masyuri -> Iya di POS hehe.. buset nyari kerja jalan kaki mas, lebih hebat dirimu :D@Advertyha -> iya mbak, ibuku nangis.. terima kasih sudah singgah :D@Sugeng -> Saya juga ada kok mas yang ditolak hehe

  27. auraman says:

    @Lozz -> gak dibuang mas, saya simpan di rumah hahaha@Todi & @Andy -> Kayaknya sama ya pengalamannya haha

  28. sangat inspiratif,salut dengan perjuangannya kang..mudah-mudahan saya bisa mengikuti jejaknya kang aul untuk membahagiakan orang tua.. πŸ˜€ sepertinya tinggal satu lagi yg perlu dilakukan, cari jodoh, mungkin ?

  29. Riksa89 says:

    Huaaaaaaaa…… So sweeeeeeeeetttt.. Akhirnya masuk pos. Tempat yg dulu sangat aku idam2kan kang. Tapi aku tak seberuntung kang aul, aku ga lolos. Hiks….Tapi alhamdulillah rencana Allah ternyata lebih indah…. Tetap semangat kang!!! ^_^*Menyemangati diri sendiri juga nih. Hahahahaha…..

  30. fanny says:

    hebat..kalo begitu harus kerja yg bener dong ya.karna dptnya sulit

  31. primeedges says:

    Saya salut mas, karena jujur, perjuangan saya belum "sekeras" mas… saya belum pernah jatuh bangun, naik-turun bus/kereta hanya untuk sebuah wawancara… T_T yang sebenenrnya paling saya malaskan… sejauh ini, semua seperti begitu pahit, tetapi di luar sana masih banyak yang lebih pahit… ini sebuah pecutan buat saya.. πŸ™‚

  32. f4dLy :) says:

    Mksih untuk knjungan baliknya yah…

  33. ysalma says:

    pengalaman berharga seperti ini juga pernah saya alami,,keluar masuk perusahaan untuk interview ^^..lelaki kebanggan ibundanya sekarang pastinya ya Aul..

  34. didta7 says:

    keep spirit!mampir ke blog saya juga ya di didta7

  35. yusuf says:

    semoga sukses selalu Kang

  36. f4dLy :) says:

    datang untuk follow sobat…

  37. auraman says:

    @Prima -> wah asyik dong gak pernah nyari kerja mas hehe@fadly -> terima kasih mas, semoga bisa jadi sahabat ya πŸ˜€

  38. joe says:

    dulu saya sebelum mendapatkan pekerjaan yang sekarang juga lumayan berat perjuangannya, sampai-sampai saya harus jaga rental komputer untuk menyambung hidup di perantauan sambil terus melamar sana sini

  39. wits says:

    wah..selamat y mas, smg sukses selalu

  40. Sya says:

    Tuhan memang selalu menyimpan kue paling enak di bagian terakhir ya. Jadi setelah kita berusaha keras mendapatkan kue itu, kita akan lebih menghargai ketika mendapatkannya.

  41. MENON says:

    sebuah pengalaman pribadi yang mantap banget sobat….. salut2…… salam persahbatan dr MENONE

  42. edratna says:

    Saya ikut terharu…semoga karirmu di perusahaan itu terus lancar.Karena ada ibu yang selalu mendoakanmu.

  43. Selalu semua indah pada waktunya… ^_^

  44. Liza says:

    Terharu skali mbacanya. Mas aulia tinggal di sigli? Asli dari sana atau hanya perantauan saja? Kalo saya memang asli dari tangse

  45. auraman says:

    @Liza -> Saya perantauan mbak,.. yuk gabung di Bloof tinggal klik saja, sapa tau ada blooger aceh lain, jadi kita bisa kopdar mbak

  46. bocahbancar says:

    Hmm,, Kereeenn Mas,,, T.TBanyak hikmah yang bisa dipetik ;)Salam semangat selalu

  47. (^.^)baru semapt baca…nice,, SMANGAD!!!

  48. sukaaa….selamat dan sukses ya aul..aku sendiri masih mencari ni….blm mendapat tempat persinggahan yg cocok hehehe….^_^

  49. r10 says:

    alhamdulillah, walau tidak dapat kerja di bidang IT paling tidak mas masih bisa ngeblog untuk menyalurkan bakat IT mas πŸ˜€

  50. i-one says:

    kok lama,gak bikin postingan baru.klu ada waktu,kunjungi blog ane ya

  51. kotakpermen says:

    Aduh, pati masa-masa tadi nggak enak banget ya? Masih pakai uang dar orangtua dan nggak tahu sampai kapan.

  52. Abied says:

    Hidup memang perjuangan Bang. Semoga sukses selalu. Yang pasti, sabar dan tawakkal adalah kunci keberhasilan, juga disertai doa dan usaha yang seimbang. Salam hangat, dari sebuah tempat paling indah di dunia. :-)Salam …

  53. Hiks…terharu akuuuuuu…bner2 inspiratif mas….^^

  54. dalinsyi says:

    sing sabar wae aja mas. perjuangan belum usai. mari jalani hidup degnan semangat pol

  55. cucuharis says:

    Karena harapan akan selalu adabagi mereka yg berprasangka baik πŸ™‚

  56. Nurul Imam says:

    Jadi inget waktu pertama kali cari kerjaan nih

  57. tulisannda says:

    Semoga rezekinya barokah…:jadi ngingetin pengalaman saya juga waktu cari kerja… πŸ™‚

  58. Ummul Khairi says:

    eh saya jd teringat waktu saya pingin banget ngajar untuk nambah-nambah uang jajan. meski bukan anak kost tapi ketika punya penghasilan sendiri akan terasa lebih bermanfaat dan menjadi lebih mandiri tapi eh ternyata rezeki gak kemana, saya malah ditawari ngajar setelah sebelumnya gagal utk seleksi bimbel. Rencana Allah adalah rencana yang terbaik ya πŸ™‚

  59. she nur says:

    Subhanallah ^^, hidup memang kudu diperjuangkan,, so,,,

  60. salut bgt liat perjuangannya mas :)ga kebayang nanti aku bakal gitu .hem, salam kenal ya mas :)main2 ke blog ku dong πŸ™‚

  61. elesti says:

    bang aul…saya selalu tertarik tuk membaca cmua artikel yg mas tuliskan. cerita ni bru saya baca, sedih plus mengharuhkn sangat menginspirasi semangat dan kemauan yg keras, mudah2 saya sukses juga seperti bang ulia.

  62. Anna AQyuan says:

    subhanalloh.. kalau berbicara masalah pejuangan.. sepertinya ana akan selalu menjadi manusia tercengeng karena sangking terharunya.. :') tapii.. ya memang begitulah.. hasil yang kita raih adalah sebanding dengan sebesar apa pejuangan yang kita korbankan ^_^

  63. segi3 says:

    subhanallah, kerja kerasnya berbuah manis juga pada akhirnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s