Kegagalan Melatih Kita Kawan

Halo, ada kesempatan posting disela kesibukan dan kesukaran dikarenakan sedikitnya waktu untuk santai dan memasuki dunia perblogan lagi.
Pada tulisan kali ini mencoba mengangkat sebuah topik tentang kegagalan, pasti setiap orang pernah gagal, pernah mengalami kekecewaan bahkan pernah merasa putus asa hingga tidak ingin mencoba sekali lagi untuk membuktikan kesalahan atas kegagalannya tersebut.
Ada sebuah buku bacaan yang saya pinjam dari Kepala Kantor saya judulnya CHAMPION pengarangnya Darmadi Darmawangsah, bukunya lumayan tebal tapi bukan itu yang menjadi pusat perhatian saya, saya hanya memperhatikan pada tulisan kecil di bawa judul buku tersebut yang tulisannya “FIGHT LIKE A TIGER WIN LIKE A CHAMPION”.

Saya ambil salah satu tulisan yang ada pada lesson 26 halaman 83 :
Dance ‘till It Rains

It’s a little like wrestling a gorila. You don’t quit whet you’r tired, you quit when the gorilla is tired (Robert Staurss)


Artinya : “Ini seperti sebuah pertarungan dengan gorila, anda tidak akan berhenti ketika kamu lelah tapi kamu akan berhenti ketika gorila merasa lelah”.

Lalu apa hubungannya dengan Rains (Hujan) ?? Pada pembahasan kali ini juga dibahas mengenai suku Massai di tanah Afrika yang jauh dari Indonesia, mereka mempunyai semangat pantang menyerah dalam memanggil hujan. Sesuai dengan kebiasaan adat mereka yang melakukan tarian dan nyanyian saat menginginkan hujan turun di daerah mereka dan kebiasaan itu pun terus berlangsung hingga sekarang (kalau suku Massainya masih ada).
Tapi jangan salah dulu, ingin tahu tidak prinsip yang mereka pegang dalam memanggil hujan dan dalam melakukan tarian dan nyanyian tersebut ?? Mereka tidak akan berhenti bernyanyi dan menari hingga hujan tersebut turun dan waktu yang mereka tempuh bukanlah tiga jam, lima jam bahkan satu atau dua hari tetapi bisa sampai lima hari dan kalau belum turun MEREKA TIDAK AKAN BERHENTI MENARI !!
Begitulah beberapa kutipan yang saya dapat dari buku yang saya baca, bukankah zaman dulu berbeda dengan zaman sekarang. Zaman dulu semua serba terbatas serba berkecukupan, bahan sandang hingga makanan juga terbatas, tetapi semua itu bisa dilawan dengan semangat pantang menyerah dan kegigihan dilengkapi dengan keyakinan akan keberhasilan dari suatu harapan yang diinginkan dan ingin di capai.
Apakah pantas bagi kita untuk mengeluarkan kata menyerah hanya karena, sebuah kesalahan kecil yang padahal kesalahn tersebut bisa kita gunakan untuk menghadapi tantangan selanjutnya atau juga bisa kita gunakan untuk memberikan ilmu kepada adik atau teman-teman yang lain agar tidak melakukan kesalahan yang sama ?? bukankah itu lebih mulia dari pada menyerah dan kalah pada kesalahan dan kegagalan.
Berikut ada beberapa kalimat bijak yang saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari saya yang tentunya saya dapat dari hasil membaca buku tersebut :
Saya Yakin oleh sebab itu Saya Melihat tetapi bukan Saya Melihat baru Saya Percaya
Dr. Denis Waitley juga mempunyai sebuah kalimat bijaksana :
“Jangalah berlama-lama di dalam masalah Anda, berfokuslah pada apa yang ingin Anda kerjakan berikutnya. Luangkanlah seluruh energi Anda untuk mencari jawaban atas tantangan hidup ini”.
Melihat semangat dan kalimat-kalimat motivasi dari pada para ahli diatas tentunya dapat memberikan kita semangat dan motivasi baru dalam menghadapi setiap tantangan yang telah kita lewati dengan berbagai kegagalan, bukankah kata orang cerdas “Kegagalan adalah suatu Keberhasilan yang Tertunda” tapi ada juga sih di bercandakan “Kegagalan adalah suatu Kegagalan selanjutnya ” hehe.. .

Tapi tenang kawand, pastinya jika kawand mendapatkan apa yang kawand inginkan dan semua itu dirain dengan usaha dan perjuangan sendiri akan sangat jauh memberikan rasa kepuasan dan kebahagiaan yang tidak bisa dibayar oleh uang atau apapun jenisnya, karena itu merupakan hasil buah perjuangan yang kita kejar dan kita pertahankan meski harus berjalan tanpa beralaskan kaki.

Pesan saya untuk diri pribadi :
  1. Janganlah kita iri dengan keberhasilan kawand kita yang telah mendapatkan cita-cita atau keinginannya sesuai dengan harapannya sementara kita belum mendapatkan cita-cita yang kita inginkan
  2. Ambillah hikmah yang kita dapat dari setiap kegagalan yang telah kita dapat dan kita rasakan langsung, dan berniatlah untuk memberikan tips kepada kawand-kawand kita bahkan adik kita tentang kenapa kita bisa gagal, sungguh ini merupakan sifat mulia dan gagah.
  3. Teruslah berpikir positif, jangan pernah menyalahkan diri sendiri bahkan orang sekitar apalagi orang tua kita karena kegagalan bukan karena kesalahan kita atau orang lain tetapi karena ketidakmatangan kita dalam menghadapi tantangan tersebut.
Sepertinya cukup demikian saja postingan saya kali ini, semoga membantu dan memberikan masukan postitip buat setiap kawand yang merasa gagal termasuk saya hehe
Salam persohiblogan ^_^

Advertisements

About Aulia Rahman

Melatih kepribadian diri dengan menulis, karena dengan menulis bisa mengajarkan kita cara bersikap, berbicara, dan bersilaturahim.
This entry was posted in Motivasi. Bookmark the permalink.

47 Responses to Kegagalan Melatih Kita Kawan

  1. yup..kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, justru dengan kegagalan bisa membuat kita untuk lebih giat lagi berusaha..sekali gagal masih ada ksmptan k2 3456789 sampai 1000 kali intinya jgn putus asa…berpikir positif dan tentunya jgn sirik atas keberhasilan orang lain….

  2. Wakakaaka…jujuurr..saia merasa sangaaaaattthh tersindir…entah atau memang bermaksud menyindir yg pada gagal ya…hahhaaPEMIKIRANMU TIDAK SESUAI TAWA NGAKAKMUhahahahaha…..itu komen pertama saia…dan yg kedua..ketiga,,dan seterusnya..saya suka..bahwa hidup memang penuh permasalahan dan kegagalan..tapi juga penuh dg solusinya..^^*Mas aul lagi tarung sama gorila buat menari hujan kah?? hahaa..semoga gorila yg menang…teruslah menari mas..di kantor pos SIGLI..semangat..hahahaa

  3. Sam says:

    kegagagalan melatih kita untuk jangan gagal lagi, karena gagal pun tak mau berteman dengan orang yang mau gagal….:Dhahahhaa…ga nyambung…:D

  4. BLACKBOX says:

    inspiring….makasih mas

  5. Phipi says:

    Sama kyk koment nick, jujur sesungguhnya sy tersindirr…hahabenar, bhw kegagalan tak slalu bmakna negatif..krn kegagalan adlah sebuah petunjuk, ptunjuk agar qt tahu apa yg seharusnya qt lakukan dan apa yg ga boleh qt lakukan, setidaknya qt akn lebih berhati-hati lg dlm bertindak. kgagalan Bkan akhir dari segalanya selama qt berikhtiar utk memperbaikinya di lain kesempatan..kembali lagi "..apa yang DIA ciptakan tak ada yang sia-sia, dan tiap perkara yg ada terdapat tanda" bagi orang yg berakal.." 🙂

  6. iqbalx8x says:

    Tidak ada kata kegagalan, kalau kita mau dan mengubah jalan pikiran kita sedikit untuk melakukan perubahan. Selama ini yang terjadi kita masih membuat satu lingkaran kesalahan yang sama dengan tidak mau melihat perubahan. Perubahan itu adalah kesuksesan kita.Cayooo !!!

  7. zulham says:

    kalau ndak salah, buku ini pernah dibahas di Kick Andy, bang Aul…sungguh2 postingan yang menginspirasi dan membakar semangat juang…tengkyu telah berbagi… 🙂

  8. NIT NOT says:

    kegagalan2 kecil yang selalu kita hadapi adalah kumpulan keberhasilan yang bakal kita nikmati… gagal bukan berarti sebuah cerita kehidupan akan selesai…tetap semangat dan pastinya berusaha…

  9. bener kang aul, saya sangat berterima kasih sama si gagal, kalo gak gagal berarti hanya kebetulan bisa :Dkalo kita bisa dari sebelumnya pernah gagal berarti bukan kebetulan lagi, tapi sudah bener-bener bisa.. ^_^ semangat kang aul..Andy Online

  10. intinya jgn pernah berhenti berusaha dan berjuang ya

  11. Riksa89 says:

    Ahhh…… aku jadi terungat masa2 kegagalan dulu. terutama ketika mendapat penilakan dari sang merpati & petir. Sungguh menyayat hati. Hahahahahaha……But, betul kata kang aul "Kegagalan Melatih Kita Kawan"….:D

  12. Lintasberita says:

    Bener nich kegagalan sering membuat kita putus asa dan berhenti tuk mengejar sesuatu, mungkin itulah hikmah dari kegagalan..

  13. baca postingan ini jadi malu sama diriku yang mudah putus asa..entah kenapa, sudah berbagai macam kata-kata motivasi yang pernah saya dengar tapi belum ada yang ampuh untuk menghilangkan sikap mudah putus asa ini.. 😦

  14. masyhury says:

    Ops,, keren mas!Setiap orang punya masalah dan nasibnya masing-masing, so gak perlu iri-irian terhadap teman lain..seep! 😀

  15. kotakpermen says:

    Semua pasti ada saatnya kok. Kalaupun kita nggak dapet yang kita pengen saat ini, kita pasti dapet gantinya nanti. Malah kadang gantinya lebih besar. 🙂

  16. Terus huznuzhan dengan semua episod hidup…Gitu kan kata-katamu, au?hehhehe

  17. Qefy says:

    Eh ada yang botak lg ngelamun. Ckckckc. Semangaaaaaaaaaaaaat! Happy junee! Musiknya ga jalan al. :))

  18. auraman says:

    @qefy -> manual jalaninnya :D@putri baiti hamzah -> betul teh haha

  19. arman rahim says:

    Terkadang sangat sulit untuk menerima kegagalan. pasti ada kecewa. tapi benar yang dikatakan oleh Dr. Denis Waitley "Jangalah berlama-lama di dalam masalah Anda, berfokuslah pada apa yang ingin Anda kerjakan berikutnya. Luangkanlah seluruh energi Anda untuk mencari jawaban atas tantangan hidup ini".jika terperangkap dalam kegagalan dan tak ada cahaya yg menuntun untuk bangkit, ya kita akan terperangkap untuk selamnya. ya semangat…#menyemangatidirisendiri cayyooo..

  20. Bagaimana dengan saya yang memiliki kecenderungan pesimis…kegagalan membuat kita lebih tegar memang..lalu bolehkah kita berharap sesuatu yang tidakmungkin, atau mengharap petir dikala panas terik..?

  21. Idzak says:

    Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

  22. auraman says:

    @Choirunnangin -> justru memang harus berharap dan bermimpi setinggi-tingginya mas, jadi kalau jatuh gak jauh-jauh amat jatuhnya 😀

  23. ysalma says:

    dengan pernah bertemu gagal,kita jadi begitu syukur untuk setiap keberhasilan.

  24. justru karena itulah kita bisa ngerasain nikmatnya keberhasilan… tanpa itu…?!?!

  25. fachriza says:

    Kaggagalam sebenarnya adalah ketika kita kehilangan nama, sebelum kehilangan "nama" berarti belum gagal. Hayok jaga kebaikan.

  26. Sya says:

    Suka sama kata-katanya Dr. Denis Waitley.Btw, tulisan yang benar kawan bukan kawand lho, hehehe.

  27. ekaraharja says:

    woooo…ternyata disini toh kelanjutan blog nya mas….mau melanjutkan aja nih…kegagalan adalah kesuksesan tertunda…jika diteruskan kita gagal ternyata memang karena kita menunda sendiri kesuksesan itu…coba renungkan baik-baik ketika mengalami kegagalan, maka yang didapat adalah karena kita menunda…diantaranya diawali dari menunda pekerjaan, menunda janji dll…thank's for share kang…

  28. Nihayatuzzin says:

    bener banget tuh kan Aulia,, kegagalan justru bisa membukakan jalan untuk kita samapi kepada kesuksesan. ..

  29. Accilong says:

    yup, sellu ada hikmah di balik kegagalan bagi mereka yg mampu mengolahnya. gagal bukan masalah, yg penting qt sudah usaha maksimal.toh, sllu ada "pertama kali" dalam berusaha. 😀

  30. edratna says:

    Kegagalan, membuat kita mereview dimana letak kesalahannya. Gagal dalam ujian, mungkin kita kurang bekerja keras, kurang belajar….pada akhirnya segala sesuatu memang harus dicapai melalui kerja keras. Orang yang berhasil akan fokus pada masa depan, bukan pada masa lalu.

  31. teen_Na says:

    gagal…mungkin sesuatu yang sering kali mampir dalam hidup. Tinggal gmn kitanya aja memaknai kegagalan itu untuk terus berjuang MAJU TERUS PANTANG BELOK-BELOK^^SUKA dengan postingan Mas Auraman…

  32. teen_Na says:

    Mas…klo frame member BloofNa dBuat kyk punyaNa Mas Auraman gmn yaa caraNa???(GAPTEK bgt ya saiya,khehheheeee…)

  33. auraman says:

    @teen_Na -> tinggal dikecilkan saja ukuran yang 250 nya jadi 200 atau 180 gitu,.. cobain kalau gak bisa posting saja ke bloofers pasti di pandu 😀

  34. ibnu says:

    Jika ada masalah itu perlu dikupas, dimasak (tapi jangan terlalu lama sehingga tidak gosong, matang lalu disantap dan jangan dibiarkan menjadi basi, bikin bau orang lain juga

  35. Numpang mampir mas… tulisan yang bagus.. keep writing.. ^_^

  36. ibnu says:

    setiap kesulitan pasti ada kemudahan

  37. SITUSONLINE says:

    kl kegalalan pasti semua orng sdh mecicipinya,tp kl gagal trss barang x sdh keterlaluan .!kata orng ….nasib….. nasib…nasib lagi…!tapi ada yang paling saya suka di artikel di atas dimana orng affrika bs memanggil hujan…wahh,….pasti ini ada ilmu hitamnya neh…

  38. Nurul Imam says:

    Di Kegagalan saya berharap ada kesempatan untuk mendapatkan keberhasilan

  39. MENONE says:

    menone juga sering ngalamin kegagalan namun ga pernah menyesal akan q hadapi dengan senyuman……. karena kegagalan kali ini menurut menone adalah sebuah pembelajaran yg indahsalam persahabatan selalu dr MENONE

  40. BLACKBOX says:

    calon motivator nih, hehehhe

  41. auraman says:

    @Blackbox.. Amiin mas, memang salah satu cita-cita ku 😀

  42. memotivasiiiiiiiii sekaliii tulisanya.. *mengetik sambil bersemangat*hehehe..dan ternyata kuncinya adalah jangan menyerah.oh iya, ternyata belum follow admin bloof.. hehe.. jadi malu. lsg follow 🙂

  43. Hasan Cakep says:

    Wuih, ada lagi satu "mantra" sihir dari Auraman… :DMantap!!

  44. Call me Batz says:

    aq pernah baca buku fight like a tiger win like a champion..benar-2 bagus buku ini dan memotivasi kita supaya tidak pernah menyerah… aq suka postingan ini..btw salam kenal ya.. aq ijin follow

  45. subanallah,,piye yaa,,apik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s