Belajar Menulis Cerpen

Beberapa hari yang lalu sebuah Komunitas Penulis Bloof mengadakan sebuah perlombaan menulis cerpen yang hadiahnya lumayan menarik untuk level lomba menulis cerpen. Tentunya dengan adanya lomba seperti ini bisa memotivasi para penulis muda yang biasa disebut newbie dalam hal menulis untuk ikut mencoba kemampuannya dalam hal menulis.

Sebagai salah satu orang yang baru saja menyukai dunia menulis tentu event tersebut sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan dalam menulis dan mungkin lebih tepatnya mencoba keberanian dalam membuat sebuah karya sederhana yang nantinya secara perlahan akan menjadi karya yang luar biasa.

Tidak ada salahnya untuk ikut memberanikan diri dalam mengikuti lomba tersebut karena siapa tahu nantinya cerpen kita akan terpilih menjadi yang terbaik dan akan dibukukan, bukankah hal tersebut merupakan keinginan dari setiap penulis muda.

Saat duduk dibangku Sekolah Dasar dulu pada pada pelajaran Bahasa Indonesia tentu kita pernah dituntut oleh guru untuk selalu membuat sebuah karangan atau biasa disebut dengan Mengarang Bebas dan hal ini bisa dijadikan sebagai pagangan kita dalam membuat sebuah cerpen.
Karena pada intinya mengarang bebas tidak jauh berbeda dengan membuat sebuah cerpen, bukankah setiap cerita itu harus menekankan beberapa hal antara lain :
  1. Tema, dengan adanya tema yang menarik tentunya memberikan suatu rasa penasaran kepada setiap pembaca yang memiliki keingintahuan besar arti dari tema yang disajikan.
  2. Alur Cerita yang bisa membuat pembaca merasa penasaran mengenai titik akhir dari cerita yang disajikan.
  3. Penekanan karakter tokoh utama, mungkin biasa kita sebut sebagai aktor utama pada sebuah cerita yang mempuyai sebuah permasalahan besar atau kecil, tapi bukan berarti pada setiap cerpen itu harus dihubungkan dengan sebuah permasalahan.
  4. Dialog ringan sebagai pemberi unsur hidup pada cerita, layaknya seperti percakapan antar tokoh sehingga pembaca ikut merasakan komunikasi yang terjadi.
  5. Penggambaran lokasi / latar belakang yaitu mencoba memberitahukan kepada pembaca mengenai lokasi peristiwa misalnya di suduh gang, di pinggir jalan, di sekolah, diruang tamu, jam berapa, kapan kerjadian/peristiwa tersebut terjadi dan lain-lain.
  6. Menyajikan kalimat sederhana yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Pada postingan kali ini saya bukan bermaksud menggurui tetapi hanya memberi sedikit gambaran tentang sebuah cerpen dan bukan berarti juga saya ahli dalam membuat cerpen tetapi hanya saja mencoba untuk mengingatkan dan memotivasi diri sendiri kalau membuat Cerpen itu tidaklah sulit.


Teruslah menulis dan ekspresikan tulisan tersebut baik dalam sebuah blog ataupun dalam sebuah kertas. Tetap belajar dan selalu ingin belajar dan selalu siap untuk dikritik.
Advertisements

About Aulia Rahman

Melatih kepribadian diri dengan menulis, karena dengan menulis bisa mengajarkan kita cara bersikap, berbicara, dan bersilaturahim.
This entry was posted in Belajar Menulis. Bookmark the permalink.

22 Responses to Belajar Menulis Cerpen

  1. Nice post, mas 🙂
    Tapi sampai sekarang belum dapat inspirasi untuk cerpennya ^^

  2. auraman says:

    sepertinya kopdar bisa dijadikan bahan inspirasi 😀

  3. I'am Sadah says:

    Aku lagi mikir nih, siapa ya soulmate dunia maya aku .. hehe ^^

  4. Fitrianto says:

    Terimakasih atas ilmunya mas..saya masih pemula dalam menulis..masih harus banyak belajar… semoga bisa ikut lomba yg diadakan oleh Bloof..amiin.. 🙂

  5. auraman says:

    @I'am Sadah : sapa aja deh mas hahahaha

    @fitrianto : Mari sama-sama belajar mas 😀

  6. armae says:

    nah nah.. ini gampang gampang susah. hehe :p

  7. Risma says:

    smangt smangt.. 🙂
    mksh ilmuny k'.. ^^

  8. hadeuuhh..jadi lupa cara nulis..kelamaan hiatus..:P
    ketularan para admin inti siihh..hahaha #ngeles selalu
    yg pd ikutan lomba…semangat yee…^_^

  9. smangat buat yg ikutan…aku doain smuanya menang #eh??

  10. wah sampai saat ini belum pernah nih nyoba bikin cerpen.. kapan ya saya bisa bikin cerpen… hehe

    bukan soal kapan kali bang ya.. tapi soal niat.. kalo udah punya niat mah pasti jadi…

    nice post brother… 🙂

  11. Anna AQyuan says:

    Terimakasih atas ilmunya bang.. pelajaran semasa SD yang selalu terpakai sampai kapanpun ^_^

  12. Accilong says:

    mantrab boz. tipsnya keren.

    tp ttap sja, sya bukan org yg bisa bikin cerpen. ^^

  13. NIT NOT says:

    moga lancar lomba cerpennya ya mas Aul… support deh buat segala2nya admin bloof…

  14. ii ilmu yang sangat bermanfaat,,,,,

  15. tetap aja mandeg, kenapa ya?
    hehehee.. tapi makasi mas Aul udah kasi tips, lumayan buat pegangan bikin cerpen di lomba Bloof. uhuuuy 😀

  16. diniehz says:

    Saya ikutan baca cerpennya aja deh. Ga bakat bikin cerpen ;p

  17. auraman says:

    Hayuk ah pada ikutan 😀

  18. sudah cukup lama saya gak buat cerita – cerita pendek.. 🙂

  19. Elisa Koraag says:

    Terima kasih untuk informasinya. Dapat ilmu lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s