Selamat Ulang Tahun Komunitas Bloofers

Sedikit bercerita tentang blog tentunya kita tahu apa yang dimaksud dari narablog dan kalaulah saya diizinkan untuk menjelaskan apa itu narablog versi saya maka jawaban saya adalah seseorang yang mempunyai hobi berkreasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, video lalu mengaplikasikannya kedalam media internet via blog yang telah disediakan oleh beberapa situs-situs terkemuka seperti WordPress, Blogspot, Blogsome, Thumblr dan Flickr.

Berbicara soal narablog pastinya erat kaitannya dengan komunitas. Sekumpulan orang yang mempunyai hobi yang sama yaitu memiliki ketertarikan dalam memanfaatkan blog sebagai media untuk curhat, menulis cerpen, menulis cerbung, puisi hingga memberikan kritikan.

Pada umumnya blog itu menggambarkan karakter dari pemilikinya mulai dari blog yang sederhana tampilannya tapi penuh dengan tulisan-tulisan yang bermakna biasanya dikelola oleh orang yang memiliki karakter dewasa dan pendiam akan tetapi focus , blog yang dipenuhi dengan berbagai konten-konten aneh biasanya dikelola oleh orang yang ceria / heboh / cerewet :D.

Demikian sekilas penjabaran saya mengenai narablog dan selanjutnya saya akan membahas pengalaman saya dengan Komunitas Bloof ini selama dua tahun bergabung.

Komunitas Blog Pertama

Banner Bloofers

Bergabung kedalam sebuah komunitas narablog tentunya sangatlah menggembirakan bagi seorang narablog pemula seperti saya, memiliki banyak kenalan yang kemudian dari kenalan beranjak menjadi seorang teman lalu dari teman meningkat sedikit menjadi seorang sahabat bahkan menjadi sebuah keluarga.

Meskipun belum diberikan kesempatan untuk bertatap muka secara langsung semua Β para bloofers se Indonesia setidaknya saya sudah pernah merasakan kopdar pertama dengan para Bloofers Medan. Kesan yang saya dapat dari kopdar tersebut, Pemalu, Diam-diam, Sok Kenal Sok Dekat, Akrab kemudian terjadilah silaturahim yang dahsyat dan erat hingga hari ini.

Sepertinya jika bertemu dengan Bloofers lain yang ada di seluruh Indonesia akan memiliki perasaan yang sama seperti saat kopdar dengan Bloofers Medan.

Mencari Member dengan Blogwalking

Teringat saat pertama kali bergabung kedalam komunitas ini ternyata bloofers pada saat itu baru berjumlah tiga orang kemudian bertambah menjadi lima orang, bisa dibayangkan sebuah komunitas narablog hanya berjumlah lima orang. Komunitas sangat identik dengan jumlah member yang banyak minimal puluhan maksimal tak terhitung berapa jumlah membernya.

Karena jumlah yang sedikit terlintas dipikiran para bloofers untuk mengajak beberapa teman baik yang dikenal ataupun yang tidak dikenal. Saat itu semangat Blogwalking sangat Β besar sehingga tidak ada keraguan untuk berkunjung ke Blog para narablog sekaligus mengajak untuk bergabung dengan Bloofers dan hasilnya member terus bertambah setiap harinya.

Awal hanya lima sekarang kita sudah dua ribu delapan ratus tujuh puluh member (versi group facebook), meskipun tidak semuanya aktif tapi tidak masalah selama aturan-aturan yang sudah dibuat dari para bloofers tidak dilanggar. Jika aturan dilanggar maka tidak segan-segan para Admin menghapus member tersebut dari komunitas :), karena peraturan tersebut sengaja dibuat untuk menjaga Bloof dari narablog yang mempunyai hobi Jualan, Adsense yang sifatnya ekstream. Komunitas ini memang menginginkan melatih narablog dalam mengasah kemampuan menulis baik berupa puisi, cerpen atau cerita tentang kehidupan pribadi / curhat.

Menjaga Silaturahim lewat Bertukar Bingkisan

Salah satu keunikan dari komunitas bloofers yaitu saling bertukar bingkisan/souvenir dari daerah masing-masing misalnya dari Bloofers Bandung berkirim souvenir ke Boofers Makasar, Bloofers Yogyakarta berkirim souvenir ke Bloofers Bandung, Bloofers Medan ke Bloofers Aceh begitulah seterusnya.

Hal ini bisa bisa membantu untuk menjaga tali silaturahim bloofers antar daerah dan hal ini juga membuktikan betapa eratnya keharmonisan yang telah terbentuk dari para bloofers tanpa membedakan Senior dan Junior karena Bloofers sendiri sudah menanamkan sikap Lebih dari Sekedar Persahabatan sehingga Pengkotak-kotakan Senior dan Junior itu ditiadakan.

Event-Event Sederhana

Meski baru saja genap berusia dua tahun Bloof pernah mengadakan beberapa event antara lain Lomba Menulis hingga lomba pada social media twitter πŸ™‚ . Hadiahnya juga lumayan untuk sebuah komunitas yang baru ini.

Baju Komunitas

Aku Adalah Bloofers

Kamunitas tanpa kostum pastilah kurang ideal, untuk itu Bloof berinisiatif untuk membuat kostum komunitas dan “WOW” ternyata banyak sekali peminat dari kostum ini dan hebatnya lagi ada dua versi yaitu kreasi Bloofers Bandung dan Bloofers Makasar.

Bandung yang berkostum putih dan Makasar yang berkostum hitam keduanya bagus, dengan adanya kostum tersebut sepertinya rasa kebanggaan dan rasa memiliki komunitas ini semakin kuat, tergabung dalam sebuah komunitas narablog saja sudah bangga apalagi sampai memiliki kostum komunitas tentunya ada sedikit tambahan rasa memiliki dan tidak takut atau ragu lagi mengatakan kalau “AKU ADALAH BLOOFERS“.

Kue HUT Bloofers

Demikian sedikit pengalaman yang bisa saya tuangkan tentang Komunitas Blog of Friendship kedalam blog ini, sekali lagi saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Bloof tetaplah menjadi komunitas yang lebih mengedepankan Persahabatan Dunia Nyata selain Dunia Maya dan terima kasih karena telah mempertemukan saya dengan orang-orang hebat dari berbagai belahan Indonesia.

Banyak pelajaran yang saya dapatkan selama bergabung di Komunitas ini antara lain :

  1. Saling menutupi setiap kekurangan dari para bloofers
  2. Menahan sikap Egois untuk menjadi terkenal secara pribadi karena di Bloof itu tidak ada Saya yang ada adalah KAMI
  3. Canda dan Tawa bisa ditemukan tanpa harus kenal terlebih dahulu, tanpa harus bertatap muka, tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk keluar negeri karena ketulusan dan niat baik untuk memperbanyak saudara bisa menjadi penawar rasa kejenuhan, stress dan kesedihan
  4. Kalau sudah bergabung harus mempunyai sifat Sok Ngenal Sok Dekat (SNSD) jadi jangan khawatir kalau dicuekin, mungkin karena kurang mau berbaur sama yang lain. Bergabunglah dan berbaurlah dengan yang lain πŸ™‚

Advertisements

About Aulia Rahman

Melatih kepribadian diri dengan menulis, karena dengan menulis bisa mengajarkan kita cara bersikap, berbicara, dan bersilaturahim.
This entry was posted in Bloof and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Selamat Ulang Tahun Komunitas Bloofers

  1. liyan says:

    selamat milad bloof. πŸ™‚
    salam kenal sahabat bloof…
    semoga terus berjaya dan terus menuai makna dalam setiap tali kasih persahabatn yang dijalin.
    saya termasuk pemula dalam dunia blogging namun ikut merasakan kehangatan bloofer, kehangatan persahabatan yag ‘luar biasa’. sungguh meski belum ada kesmpatan untuk bersua dengan bloofer lainnya, serasa ruang bloof adalah rumah sendiri. thank’s untuk sahabat semua. keep smile and keep bravo!

  2. Dani Siregar says:

    SNSD~ πŸ˜„ Wkwkwkwk yang ini lagi kita ikhtiarkan.. ^w^b

    Btw sekali lagi deng, Happy 2nd Birthday Bloofers~ =)

  3. liza says:

    Selamat ulang tahun bloofer

  4. Semoga Bloofers semakin maju dan sahabat Bloofers semakin erat dalam silaturahmi πŸ™‚

  5. Membaca tulisan Bang Aul diiringi bacsound Sebiru Hari Ini semakin mantap rasanya
    ^_^
    Bloof itu seperti rumah sendiri bagi saya. Ada bunda, ayah, adik, kakak, dan sahabat-sahabat yang luar biasa. Penuh canda tawa, senyum, nasehat, pesan, motivasi dan sebagainya. Semuanya ada di Bloof ^_^

    Semoga Bloof semakin eksis ke depannya πŸ™‚
    Happy milad Bloof ^_^

  6. todi says:

    proud to be part of them πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s